Ekbis

Jelang Hari Raya, Harga Cabe di Pasar Timur Amlapura Mulai Meroket  

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Pantauan tim Cahayamasnews.com di Pasar Timur Kota Amlapura Senin 20 Januari 2020, harga cabai kian meroket.  Berada pada level Rp. 80 ribu per kilogram. Tak hayal kenaikan harga cabe itu membuat pembeli dan pedagang nasi di Karangasem kelimpungan. Seperti yang dirasakan dan disampaikan oleh salah satu pedagang bumbu Bu Dayu Mang asal Kecicang Karangasem saat diwawancarai di Pasar Timur Amlapura. Menurutnya, naiknya harga cabe dirasakan sejak sebulan lalu.

“Sebulan lalu harga cabe berkisar Rp. 30 ribu per kilo. Selanjutnya berangsur-angsur naik menjadi Rp. 60 ribu, hingga hari ini 20 Januari 2020 telah mencapai Rp. 80 ribu per kilogram. Sedangkan untuk cabe besar harganya mencapai Rp. 70 ribu per kilogram,” ujarnya. Sementara pedagang bumbu Ni Made Suji memperkirakan kenaikan harga cabe ini akan terus mengalami kenaikan, hingga menjelang hari raya Galungan dan Kuningan mendatang.  Salah seorang pedagang cabe mengaku tak berani menyetok, akibat harnyanya yang terus mengalami kenaikan.

Kenaikan harga cabe itu, sangat dirasakan oleh pedagang nasi Bu Dewi di seputar jalan Untung Surapati. Dengan naiknya harga cabe maka ia mengaku terpaksa mengurangi membeli cabe, terutama cabe besar. Sebelum ada kenaikan kata dia, dalam sehari menghabiskan cabe besar hingga tiga kilogram. Namun begitu harga naik, terpaksa dikurangi hingga 2 kilogram.  Sementara untuk cabe kecil tidak berani mengurangi yakni tetap 2 kilogram per-hari, hal itu semata-mata untuk tetap menjaga kualitas rasa masakannya.

Dia juga mengaku kenaikan harga cabe sangat meresahkan semua pembeli. Untuk cabe besar, selain harganya mahal, sulit mendapatkannya karena pedagang jarang menjualnya. “Saya  berharap instansi terkait segera melakukan pemantauan harga, dan kalau bisa mohon diturukan harganya,” pinta Bu Dewi penuh harap. Sementara itu, Sekretaris Dinas Perindusterian dan Perdagangan Kabuapten Karangasem I Gade Loka Santika saat dikonfirmasi terkait hal itu mengakui, harga cabe memang mengalami kenaikan sampai saat ini. Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok lainnya, masih stabil harganya. “Mudah-mudahan harga tetap stabil, mengingat menjelang Galungan dan Kuningan semua kebutuhan pokok sehari-hari  rentan sekali mengalami kenaikan harga,” katanya seraya mengaku akan berupaya melakukan langkah-langkah untuk mengatasi kenaikan tersebut. *** Cahayamas-News.com/Tim-01.

Facebook Comments