Bali

Bulian Berbagi, Tanggulangi Warga Miskin Maknai Galungan dan Kuningan

Buleleng (Cahayamasnews). Desa Bulian Kecamatan Kutambahan, Kabupaten Buleleng yang pernah menyandang desa tertinggal di Bali Utara, ternyata belum sepenuhnya bisa bebas dari belenggu kemiskinan. Berbicara kepada media ini Sabtu siang 22/2, Kepala Desa Bulian I Made Sudirsa mengatakan, pihaknya merasa bersyukur terhadap adanya warga yang berpenghasilan lebih dan paham akan arti kebersamsan. Sebut saja Wayan Wandra yang akrab disapa Indra dan rekannya Nyoman Kresana memprakarsai program “Bulian Berbagi” dengan tujuan menanggulangi kebutuhan warga/krama Desa Bulian dalam mamaknai Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Dalam kaitan ini, pihak Bunga Bali menyumbangkan 25 paket sembako dan untuk terpenuhinya kuota 114 paket,  Wayan Wandra pun membantu dana Rp. 10.000.000,- disamping donatur lainnya. Prakarsa semacam ini ucap Wayan Wandra merupakan bentuk kepedulian sesama yang merayakan hari besar agama Hindu di Desa Bulian. “Kita harus sadar dan terpanggil sebagai umat beragama ketika ada warga yang menghadapi beban, apalagi saat berupacara keagamaan,” kata Wayan Mandra dengan perasaan penuh iba.

Sementara itu, ditemui terpisah di kediamannya, Kepala Desa I Made Sudirsa menyatakan salut kepada Wayan Wandra dan Nyoman Kresana yang telah menjadi inspirator dalam menggebrak kegiatan di Desa Bulian. Sebagai Kepala Desa pensiunan/purnawirawan AKBP, I Made Sudirsa bertekad menjalankan managemen keterbukaan dengan mendekati tokoh masyarakat, guna mampu menjadi pionir dalam menuju Bulian Maju sesuai visi misi saat menjadi kandidat Kades periode 2019-2025.

Menurut Sudirsa, menyasar program Bulian Berbagi, pihaknya bekerja sama dengan para Kelian Banjar Dinas Desa Bulian, kelompok warga bahkan melibatkan para kelian tempek sekalipun.  Dengan melibatkan mereka itu, akhirnya diperoleh data valid soal jumlah warga miskin di Desa Bulian. Kini untuk memelihara kepercayaan warga, maka demikian tegas Sudirsa dirinya harus mampu memberi contoh dan meneladani apa yang menjadi harapan masyarakat. *** Cahayamasnews.com-(DEMAL).

Facebook Comments