News

Sukseskan Sensus Penduduk Online, BPS Karangasem Jalin Sinergitas dengan Kodim 1623/Karangasem

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Berbagai upaya dilakukan BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Karangasem dalam mensukseskan sensus penduduk berbasis online tahun 2020, salah satunya dengan mengajak Kodim 1623/Karangasem bersinergi. Menurut Kepala BPS Karangasem, Komang Bagus Pawastra, SE., MT., MA., pihaknya sengaja memilih Kodim untuk menjadi sasaran pendampingan BPS Karangasem, karena Kodim dinilai mempunyai garis dan struktur tugas yang menjangkau hingga masyarakat terbawah yakni desa. Hal itu disampaikan Kepala BPS Karangasem, Komang Bagus Pawastra, Rabu (26/2) bertempat di Aula Kodim 1623/Karangasem.

Dalam kesempatan itu Kepala BPS Karangasem menyampaikan ucapan terima-kasi kepada segenap jajaran Kodim yang telah menyambut dengan penuh antusias dan kekeluargaan, dalam rangka sosialisasi tentang sensus kependudukan secara online. “Ada tiga tujuan utama sensus penduduk tahun 2020 ini yakni; merekam langsung data penduduk, menyediakan data penduduk de facto dan de jure (2020) guna menghindari perbedaan data antara BPS dan Ditjen Dukcapil serta menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (2021),” ujarnya seraya menambahkan melalui kegiatan sensus ini dapat digunakan sebagai dasar untuk memetakan rencana pembangunan sarana dan prasarana bagi pemerintah.

Sementara lanjut Kepala BPS Karangasem, dari segi pertahanan dapat membantu mengetahui jumlah nyata penduduk di seluruh Indonesia, sehingga dapat menjadi dasar merencanakan kekuatan nyata dari penduduk Indonesia yang dapat digunakan sebagai komponen cadangan di bidang pertahanan negara. “Kami berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, dimana merupakan tahapan awal sosialisasi sensus penduduk 2020. Semoga ke depan, BPS Karangasem dan Kodim 1623/Karangasem bisa memperkuat sinergitas, guna mensukseskan kegiatan sensus penduduk tahun 2020 ini maupun tahun-tahun berikutnya,” imbuhnya.

Kepala BPS Komang Bagus Pawastra berharap kepada personel Kodim khususnya Babinsa agar membantu menyampaikan dan memantau Sensus Penduduk online ke seluruh penduduk di wilayah tugasnya. “Bila perlu membantu pengisian jika ada yang membutuhkan,” tutup Pawastra. Hal senada juga disampaikan Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf Bima Santosa dan pihaknya menyambut baik serta mengapresiasi kerjasama tersebut. “Karena Babinsa keberadaanya ada di tiap desa, diharapkan dapat membantu mensosialisasikan Sensus Penduduk Online 2020,” ujarnya.

 

Pada kesempatan itu, Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf Bima Santosa, juga tak lupa menyampaikan ‘Ucapan selamat datang’ kepada Tim dari BPS Karangasem dalam rangka memberikan penjelasan dan mekanisme tata cara pendaftaran sensus penduduk secara online sehingga pelaksanaan pendataaan penduduk bisa berjalan dengan lancar dan tertib demi mendukung program pemerintah pusat di bidang kependudukan. Hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 1623/Karangasem, TNI dan PNS jajaran Kodim 1623/Karangasem dengan Kepala BPS Karangasem bersama 7 Orang tim BPS lainnya sebagai narasumber. *** Cahayamasnews.com/Tim-01&02.

Facebook Comments